Sabtu, 21 Januari 2012

(Tune Up Sepeda Motor).

A.    Aplikasi Pengujian dan Pemeriksaan (Tune Up Sepeda Motor). 
  1. Penyetelan awal Sepeda Motor
    1. Memeriksa oli
      Memeriksa Oli Mesin
    2.  Meletakkan sepeda motor diatas standar utama pada tanah datar.
    3. Membuka pengukur  minyak pelumas (1) dan membersihkan ujungnya.
    4. Masukkan pengukur  kembali tanpa  disekrupkan ke dalam.
    5. Minyak pelumas harus di antara batas maksimal (2) dan batas minimal (3), tambahkan bila kurang.

2. Memeriksa Busi
Pemeriksaan mengenai :
  1. Insulator terhadap kerusakan
  2. Elektroda terhadap keausan
  3. Perubahan warna akibat terbakarnya busi dari proses pembakaran
i.     Coklat muda – coklat tua (baik)
ii.     Coklat muda sekali – putih (pengapian tidak sempurna/campuran terlalu miskin)
iii.     Endapan arang basah & kehitaman (campuran terlalu kaya) Penyetelan celah busi : 0,6 – 0,7 mm.

Memeriksa Busi

3.    Memeriksa Celah Katup
  1. Melepas tutup penyetel  katup,  tutup lubang pemeriksaan tanda  pengapian dan tutup luban  poros engkol
  2. Memutar poros engkol berlaw anan arah jarum jam sampai tanda T” tepat dengan penyesuai pada tutup bak mesin kiri tanda (piston akhir kompresi)
  3. Menyetel celah katup menggunakan lidah pengukur (feeler gauge) dan valve adjusting wrench. Cela h katup (dingin) : 0,05 mm (IN & EX sama).

Tanda posisi top


Menyetel katup



4.    Bersihkan Saringan Udara
  1. Melepas elemen saringan dari kotak saringan udara
  2. Mencuci elemen dalam minyak solar/minyak pembersih yang tidak mudah terbakar, keringkan dan celupkan dalam minyak transmisi (SAE 80-90) dan peras keluar kelebihan minyak.
Cara membersihkan filter udara
5.    Bersihkan Filter Bensin
  1. Membersihkan saringan kasa dan saringan bahan bakar

Membersihkan filter bensin
Bersihkan Karburator
Membongkar karburator dan membersihkan bagian-bagiannya

Konstruksi Karburator
6.     Menyetel Campuran Bahan Bakar
Memutar sekerup udara (1) ke kanan penuh, selanjutnya kembalikan berlawanan arah jarum jam 1,5 s.d 2 putaran.
Menyetel sekerup penyetel gas (2) dengan putaran idling ± 1400 rpm.

7.    Menyetel Kopling
  1. Kopling Otomatis :
i.    Mengendorkan mur pengunci, kemudian memutar penyetel kopling searah jarum jam 1 putaran
ii.    Memutar penyetel berlawanan jarum  jam secara perlaha sampai terasa ada tahanan, kembalikan 1/8 putaran.
iii.    Mengencangkan mur pengunci dan memeriksa kerja kopling.

Menyetel Kopling
2. Kopling Manual :
Menyetel jarak main bebas handel kopling

Menyetel Kopling Manual
8.    Memeriksa Baterai
  1. Memeriksa tinggi permukaan cairan baterai. Cairan baterai harus berada diantara UPPER LEVEL dan LOWER LEVEL.
  2. Jika cairan baterai mendekati/di bawah batas terendah tambahkan  air  suling  sampai  batas  teratas pengisian cairan baterai.
  3. Memeriksa  terminal  baterai  (kendor/berkarat), bersihkan dan oleskan grease pada terminal baterai.
  4. Memeriksa slang pernafasa-  n baterai (tersumbat/salah posisi)



9.        Memeriksa Rem dan Switch Rem 
Memeriksa keausan kanvas rem Bila  keausan mendekati  lim it/tanda  batas keausan, maka kanvas perlu diganti baru.
Menyetel Rem dan Switch Rem
Memeriksa ketinggian oli rem (hidrolik/cakram)
Menyetel jarak main bebas handel/pedal rem

Menyetel free play pedal rem
 Menyetel switch lampu rem belakang. Spec : lampu menyala saat pedal rem ditekan 20 mm dan rem mulai bekerja.

Menyetel Switch Rem Belakang
10.  Memeriksa Lampu Depan/ Belakang 
Memeriksa kerja lampu depan dan belakang
11.  Memeriksa Lampu Tanda Belok
Memeriksa kerja lampu sein dan indikatornya
12.  Menyetel Rantai Roda
  1. Posisikan sepeda motor di atas standar utama, posisi gigi netral.
  2. Menyetel kekencangan rantai. Jarak main bebas rantai : 20 – 30 mm.

13.  Memeriksa Sistem Suspensi
  1. Memeriksa kerja sistem suspensi dengan menekan bagian depan dan belakang beberapa kali (dengan rem ditahan).
  2. Memeriksa suspensi dari kebocoran/kerusakan.



14.  Memeriksa Stang Kemudi
  1. Menaikkan roda depan sehingga roda depan dalam posisi terangkat dan kemudi bebas.
  2. Memeriksa pergerakan kemudi. Jika kemudi berat atau tidak dapatbergerak rata, periksa bantalan
Memeriksa Stang Kemudi
15.  Memeriksa Kekocakan Komstir 
  1. Roda depan masih dalam keadaan terangkat, gerakkan  garpu depan ke depan-belakang.
  2. Apabila terdapat kekocakan, periksa bantalan kemudi.

Memeriksa Kekocakan Komstir
16.  Memeriksa Lengan Ayun
  1. Menempatkan sepeda motor pada standar utama.
  2. Goyangkan lengan ayun  ke kanan-kiri untuk mengetahui adanya komponen suspensi  yang aus atau kendor.
  3. Jika ada kekocakan, periksa baut engsel dan bos lengan ayun.

Memeriksa Lengan Ayun
17.  Memeriksa Tekanan Ban 
Memeriksa dan menyetel tekanan angin ban.

Memeriksa tekanan ban
18.  Mengencangkan Baut dan Mur 
Kekencangan Mur dan Baut
19.  Melumasi bagian yang bergesekan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar