Jumat, 20 Januari 2012

CV MATIC DAN YTAC

erjawab sudah pertanyaan kita, mana yang lebih dulu masuk ke Indonesia? CV MATIC NYA HONDA, atau YTAC NYA YAMAHA?

Revo tekno sudah merilis CV matic.. mari kita lihat perbedaan antara CV MATIC dan YTAC (yamaha compact automatic transmission)

CV matic dan YCAT sama-sama merancang transmisi ini untuk mesin bebek berkapasitas mesin antara 100 sampai 125cc. Mekanisme continuously variable transmission (CVT) yang dipakai skutik dipindahkan ke mesin bebek tapi tentunya tanpa merubah tata letak apapun dari mesin bebek.

Terlihat dari luar, nantinya mesin akan tetap berada sejajar dengan footspeg dan tetap ada rantai dan final gear sebagai transfer tenaga terakhir ke roda. Lalu CVT-nya diletakkan di mana? Kedua pabrikan ini sama-sama mendesain CVT di ruang kopling pada mesin bebek konvensional.






Konstruksi CV Matic (kiri) dan YCAT hampir sama
Bila umumnya keluar dari kruk as di gear box sebelah kanan adalah ruang untuk rumah kopling sentrifugal. Sedang pada CV Matic dan YCAT ruang ini dijadikan ruang untuk CVT. Bentuknya memang tak sepanjang CVT pada skutik, dengan pully berdiameter lebih besar. Baru dari driven pully (pully belakang) terhubung ke final gear dan rantai yang meneruskan transfer tenaga ke roda.

Nah yang membedakan diantara CV matic dan YCAT adalah konstruksi pendinginannya di CVT. Keduanya sama-sama memiliki lubang masuk udara di drive pully (pully depan), namun pada YCAT dilengkapi dengan belalai yang moncongnya terletak di sebelah filter udara.
Sedang CV matic belum menjelaskan posisi lubang masuknya udara, hanya ada lubang di atas drive pully. Sedang tempat keluarnya udara yang telah melewati CVT sama-sama di atas driven pully.
YCAT (kanan) dilengkapi dengan belalai
Rencananya Yamaha akan segera memproduksi bebek dengan transmisi automatic ini pada 2010 mendatang untuk pasar sepeda motor di Asean. Dan negara yang paling pertama akan mendapat jatah adalah Vietnam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar