Jumat, 20 Januari 2012

merawat mesin kendaraan sendiri



Komponen apakah yang merupakan komponen utama dari kendaraan bermotor?.Sudah pasti mesin dong ya..Kalau tidak ada mesinnya gimana bisa jalan,masa musti didorong capek dech.Jadi mesin sebagai suatu sistem utama yang menggerakkan kendaraan bermotor harus selalu dalam kondisi yang prima dalam arti tidak terjadi gangguan ketika berkendara seperti mogok dijalan,jalannya kendaraa tersendat-sendat dll.
Untuk menjaga agar kondisi kerja mesin selalu prima atau sesuai dengan standar mesin harus selalu dirawat secara rutin.Untuk perawatan bisa menggunakan jasa bengkel-bengkel kepercayaan kita atau jika kita memiliki pengetahuan tentang mesin itu akan lebih baik jika kita melakukan perawatan sendiri.Mungkin kendala yang akan kita hadapi jika melakukan maintenance sendiri adalah keterbatasan peralatan yang kita gunakan.Tapi itu tidak masalah karena banyak took-toko yang menjual peralatan untuk keperluan tersebut dan kita cukup hanya membeli alat-alat yang kita perlukan saja .
Merawat mesin kendaraan sendiri adalah lebih baik jika dibandingkan kalau kita pasrahkan ke bengkel.Kelebihannya antara lain:
1. Kita sebagai pemilik kendaraan akan benar-benar memberi perlakuan yang terbaik terhadap kendaraan kita sendiri,lebih serius dalam menganalisa berbagai penyimpangan yang terjadi serta mengusahakan perbaikan semaksimal mungkin.
2. Dengan melakukan perawatan sendiri akan menjadi lebih peka terhadap penyimpangan-penyimpangan yang terjadi sehingga dengan cepat kita segera mengambil tindakan pencegahan.
3. Skill/kemampuan kita akan terus bertambah.
4. Tentu saja dengan melakukan sendiri akan lebih menghemat biaya.
Banyak buku-buku panduan tentang kendaraan bermotor yang telah dijual di took-toko.Buku tersebut dapat dijadikan pegangan atau panduan jika kita belum mengerti bagaimana cara melakukan perawatan pada kendaraan bermotor.
Read More..

SISTEM PEREDAM KEJUT ATAU SHOCK ABSORBER


Siapa yang tidak pernah mendengar istilah shockbreaker atau shockabsorber?.Hampir semua kendaraan kendaraan bermotor atau bahkan sekarang malah hampir tidak ada kendaraan bermotor yang tidak memiliki sistem peredam kejut baik kendaraan roda dua ataupun roda empat dan juga kendaraan angkut seperti bus dan truck pun memiliki sistem peredam kejut bahkan kereta api yang menggunaka rel besi tempat roda untuk berjalan tetap saja dilengkapi dengan shock breaker.
Ada 2 jenis sistem peredam kejut yang digunakan pada kendaraan bermotor yaitu :
1. Jenis per daun.
Jenis per ini banyak digunakan pada kendaraan angkutan baik angkutan barang dan juga alat angkut transportasi.Per ini tersusun dari beberapa lembaran-lembaran baja yang disatukan dan pada bagian 2 ujungnya diikat sebagai pegangan per.Satu dari 2 ujung pegangan per ini dibuat bergerak bebas supaya per dapat menghasilkan kelenturan ketika kendaraan melewati medan jalan yang tidak rata.Kelebihan yang dimiliki per daun adalah pada kekuatannya yang dapat menahan beban muatan yang berat,namu kekurangannya sistem peredam kejut seperti ini keras dan tidak nyaman untuk penumpang.
2. Jenis per keong.
Jenis peredam kejut ini banyak dipakai pada kendaraan-kendaraan tertentu yang sangat mengutamakan kenyamanan dalam berkendara seperti sedan,minibus (tertentu saja),SUV,MPV dll.Kelebihan yang dimiliki sistem peredam kejut ini adalah pada lebih empuk dan fleksibel sehingga akan memberikan kenyamanan yang lebih bagi pengendaranya.Sedangkan kekurangannya jenis suspense yang menggunakan per keong tidak dapat menahan muatan berat.
Untuk kendaraan jenis sepeda motor,jenis suspense yang digunakan adalah per keong karena beban beban daripada sepeda motor sendiri tidak begitu berat dan apabila sepeda motor dipasang per daun sepertinya tidak mungkin dan bisa jadi malah akan memakan tempat.
Read More..

SISTEM PENGISIAN LISTRIK SEPEDA MOTOR



Listrik dari aki sepeda motor digunakan untuk menjalankan starter elektrik,klakson,lampu sein,serta komponen lainnya yang membutuhkan listrik.Supaya tenaga listrik yang tersimpan dalam aki tetap stabil maka aki perlu diisi,lalu dari mana sepeda motor mendapatkan sumber listrik untuk penngisian aki?.Jadi pada mesin sepeda motor terdapat kumparan yang berputar saat mesin sedang bekerja.Kumparan yang berputar diantara medan magnet pada mesin akan menghasilkan gaya gerak listrik/induksi.Gaya gerak listrik yang dihasilkan adalah arus listrik bolak-balik atau AC,karena arus yang dapat disimpan pada aki adalah arus DC maka tegangan AC dari kumparan harus dirubah ke DC terlebih dahulu oleh rangkaian regulator.Untuk keamanan mencegah terjadinya hubung singkat yang dapat menyebabkan kebakaran pada rangkaian perlu dipasang sekring pada aki yang nilainya sesuai dengan besar arus yang dihasilkan aki tersebut.

Read More..

KARBURATOR 4 TAK



KARBURATOR 4 TAK
Karburator adalah komponen sepeda motor yang berfungsi mengatur suplai bahan bakar (bensin) dan udara ke dalam ruang pembakaran atau silinder dengan perbandingan tertentu.
Prinsip kerja dari karburator adalah ketika piston bergerak turun dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB) pada langkah isap akan menyebabkan kevakuman.Kevakuman ini menyebabkan udara masuk melalui bukaan skep dan pada saat itu juga spuyer bahan bakar pada posisi membuka.Udara yang masuk akan menarik bahan bakar dari karburator keluar melalui spuyer sehingga terbentuklah kabut yang merupakan campuran antara bahan bakar (bensin) dan udara yang selanjutnya akan dikirim menuju ruang bakar atau silinder.
Supaya engine dapat bekerja maksimal karburator harus disetel dengan tepat.Kesalahan dalam penyetelan karburator dapat menyebabkan campuran bahan bakar dan udara terlalu kaya atau terlalu miskin yang berakibat engine tidak bekerja dengan sempurna pada putaran tinggi.Campuran miskin atau kaya berarti suplai bahan bakar terlalu sedikit atau berlebih.
Berikut cara penyetelan karburator:
· Penyetelan Pilot Air Screw (Sekrup Udara)
Untuk penyetelan sekrup udara dilakukan pada saat mesin sepeda motor sedang menyala.Untuk menyetel sekrup ini mula-mula putar sekrup searah jarum jam sampai maksimal /berhent. kemudian putar berlawanan arah jarum jam kira-kira 1,5 putaran.
· Penyetelan Putaran Stasioner
Penyetelan langsam harus dilakukan pada kondisi mesin hidup dan sudah panas.Kenapa harus pada saat mesin sudah panas?,karena jika mesin sudah panas putaran mesil lebih stabil.Putaran mesin pada saat masih dingin akan berbeda dengan mesin yang sudah panas,biasanya jika mesin masih dingin putarannya lebih lambat.Untuk menyetelnya lakukan dengan memutar searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam sampai diperoleh setelan yang diinginkan.Namun untuk cara yang sering dilakukan pada saat menyetel langsam adalah sampai diperoleh suara mesin yang halus dan stabil.Jika sepeda motor dilengkapi dengan tachometer dapat menyetel langsam dengan melihat standar putaran langsam pada tachometer biasanya putaran langsam standar adalah 1300rpm s/d 1500 rpm.Standar pengaturan langsam mesin sepeda motor bebeda-beda,ada sepeda motor yang tidak boleh menyetel langsam terlalu kecil dikarenakan pompa oli tidak bekerja maksimal melumasi seluruh komponen mesin.

Read More..

KELEBIHAN,KEKURANGAN MESIN 2 TAK DAN 4 TAK


Sepeda motor bermesin 2 tak ataupun 4 tak masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan yaitu:
A.Sepeda motor bermesin 2 tak
Kelebihannya adalah:
· Konstruksinya sederhana sehingga perawatan akan menjadi lebih mudah.
· Memiliki akselerasi/percepatan yang baik pada medan jalan datar.
· Kalpot tidak mudah keropos karena oli sisa dari pembakaran akan melumasi knalpot.
· Oli mesin lebih awet karena hanya digunakan untuk melumasi mesin bagian bawah.
Kekurangannya adalah:
· Boros konsumsi bahan bakar.
· Mesin 2 tak menggunakan oli samping sehingga diperlukan biaya tambahan jika menggunkan sepeda motor bermesin 2 tak.
· Oli samping yang terbakar akan mengakibatkan polusi udara.
B.Sepeda Motor Mesin 4 Tak
Kelebihannya:
· Konsumsi bahan bakar lebih irit.
· Tenaga yang dihasilkan lebih besar .
· Hampir tidah ada asap yang dikeluarkan dari sisa pembakaran sehingga lebih ramah lingkungan.
· Mesin 4 tak tidak menggunakan oli samping.
Sedangkan kekurangannya:
· Perawatan mesin lebih sulit karena konstruksi mesin 4 tak reltif lebih rumit.
· Karena oli mesin digunakan untuk melumasi seluruh bagian mesin kualitas oli akan cepat menurun sehingga penggantian oli lebih cepat daripada mesin 2 tak.
· Knalpot pada mesin 4 tak akan lebih cepat keropos karena sisa oli yang melumasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar