Sabtu, 21 Januari 2012

kopling

Kopling

Setiap kendaraan bermotor untuk meneruskan atau memindahkan tenaga/daya hasil proses pembakaran sehingga mobil / kendaraan dapat berjalan memerlukan sistem yang disebut Power Train / Pemindah Daya.
Salah satu bagian dari power train adalah Kopling/Clutch
Konstruksi kopling
Kopling berfungsi Untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin dari roda penerus ke transmisi
Agar dapat berfungsi dengan baik kopling harus memenuhi Syarat-syarata  :
  • Dapat menghubungkan putaran mesin ke transmisi dengan lembut
  • Dapat memindahkan tenaga mesin ke transmisi tanpa slip
  • Dapat memutuskan hubungan dengan cepat dan sempurna
Menurut Jumlah Pelat di bedakan menjadi 2 jenis;
  1. Kopling tunggal
  2. Kopling ganda/majemuk
Menurut obyek /media tempat bekerja dibedakan menjadi 2 jenis:
  1. Kopling kering
  2. Kopling basah
Menurut konstruksinya dibedakan :
  1. Kopling gesek
  2. Kopling Fluida
  3. Kopling Sentrifugal
  4. Kopling Putar lebih/Over Running Clutch

Tidak ada komentar:

Posting Komentar